Memperlancar Kaca Pintu Mobil Seret

Kaca pintu mobil mendadak tidak bisa diturunkan. Padahal, Anda harus masuk tol dan membayar tiket. Karena kaca macet, satu-satunya jalan adalah membuka pintu. Yang lebih menjengkelkan, kaca bisa diturunkan—meski tidak lancar—tetapi enggak bisa menutup normal, kemudian turun hujan….

Proses itu sampai bisa mengalami seret lantaran chanel kaca, yang dilapisi beledu, luput dari perawatan. Akibat sering tersengat matahari dan disiram air, karet pun jadi lengket pada kaca. Efek lainnya, karet jadi cepat getas dan kehilangan elastisitas sehingga getaran kaca tak dapat diredam.

Cara merawatnya sangat sederhana. Cukup sediakan sikat gigi, cairan penetran pembersih, lubrikan silikon, dan kain bersih. Nah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Turunkan kaca sampai paling bawah (titik maksimum). Setelah itu, semprot penetran pembersih dengan selang kecilnya ke seluruh chanel secara bertahap. Jangan berlebihan karena hal itu justru akan mengotori kaca.

2. Sikat seluruh bagian chanel kaca untuk mengusir kotoran. Bagian paling kotor biasanya berada di sisi pengemudi. Bila perlu, langkah pertama dan kedua ini dilakukan berulang kali.

3. Bersihkan sisa-sisa kotoran dengan lap bersih.

4. Gunakan silicon spray untuk melumasi chanel kaca. Naikkan kaca 3/4 kemudian mulailah untuk menyemprotkan cairan tadi menggunakan alat bantu selang kecil ke arah antara kaca dan jalurnya.

5. Naik-turunkan kaca untuk mempelancar seluruh bagian jalur kaca. Kalau masih terasa seret, semprotkan cairan tadi secukupnya.

sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: